Chanathip Songkrasin “Messi ASEAN”

2 min read

Chanathip Songkrasin (Thai: Chanathip Songkrasin, diucapkan lahir 5 November 1984), juga dikenal sebagai Jay (Thai: Jay, diucapkan [t͡ɕēː]),[rujukan?] adalah orang Thailand pesepakbola profesional yang bermain sebagai gelandang serang atau pemain sayap untuk klub Liga 1 Thailand BG Pathum United.

Karir Internasional

Chanathip Songkrasin memulai pentas internasionalnya dengan tim nasional sepak bola U-20 Thailand, terakhir ia bermain di Kejuaraan AFC U-19 2012.

BACA JUGA :Gabriel Martinell

Di level teratas, Chanathip pertama kali dipanggil oleh pelatih kepala tim nasional Thailand Winfried Schäfer untuk berkompetisi di Piala Raja 2012, dan memulai debutnya di turnamen ini. Ia terus dipanggil ke skuad Piala Suzuki AFF 2012. Pada usia 19 tahun, dia adalah pemain termuda yang dipanggil oleh Winfried Schäfer.

Pada Februari 2013 ia mencetak gol pertamanya untuk tim utama melawan Kuwait di kualifikasi Piala Asia AFC 2015 yang berakhir dengan kekalahan 1-3 melawan Kuwait. Setelah pertandingan itu, ia kembali mencetak gol dalam pertandingan persahabatan melawan Tiongkok.

Chanathip Songkrasin "Messi ASEAN"

Dan pada bulan Desember 2021, Chanathip ditunjuk sebagai kapten Thailand di Kejuaraan AFF 2020. Memenangkan kejuaraan untuk keenam kalinya untuk negaranya. Dia juga dinobatkan sebagai Pemain Paling Berharga (MVP) untuk turnamen tersebut, memenangkannya untuk ketiga kalinya.

Karir klub

Di level klub Chanathip termasuk kedalam pemain yang bisa dibilang terbaik karirnya diantara pemain Thailand lain. Dia sudah mencicipi kerasnya bermain di Liga Jepang, beberapa klub Jepang yang dia bela adalah Hokkaido Consadole Sapporo pada tahun 2016 dan Kawasaki Frontale ditahun 2022. Namun pada musim 2023 hingga kini ia balik ke kampung halamannya untuk membela tim dari Thailand, BG Pathum United.

 

You May Also Like