Lee Kang-in Pemain Negeri Ginseng Paling Berpengaruh di Eropa

2 min read

Lee Kang-in merupakan pemain sepak bola profesional asal Korea Selatan yang saat ini bermain sebagai gelandang serang atau pemain sayap untuk klub Ligue 1 Paris Saint-Germain dan tim nasional Korea Selatan.

Produk akademi muda Valencia, Lee melakukan debut profesionalnya untuk klub tersebut pada usia 17 tahun pada tahun 2018. Menjadi pesepakbola Korea Selatan termuda yang melakukan debut profesional di Eropa. Pada musim debutnya, dia memenangi Copa del Rey, sebelum membuat debut Liga Juara-Juara UEFA pada musim profesional keduanya. Lee bergabung dengan Mallorca pada tahun 2021, di mana ia membuktikan dirinya sebagai salah satu penggiring bola terbaik di Eropa, sebelum meninggalkan Spanyol ke klub Prancis Paris Saint-Germain pada tahun 2023.

LEAD) (U20 World Cup) S. Korea's Lee Kang-in wins Golden Ball as tournament  MVP | Yonhap News Agency

Pada tahun 2019, Lee berhasil memenangkan Pemain Muda Asia Terbaik Tahun Ini. tahun yang sama ketika ia memenangkan penghargaan Bola Emas Piala Dunia U-20 FIFA 2019. Tim Lee menjadi runner-up pada acara tersebut. Dia kemudian melakukan debut seniornya untuk Korea Selatan pada September 2019. Pada tahun 2022, Lee terpilih dalam skuad negaranya untuk Piala Dunia FIFA 2022.

Karier klub

Valencia

Lee bergabung dengan akademi Valencia pada Juli 2011. Pada 15 Desember 2017, dia dipanggil ke Valencia B (Mestalla). Dia melakukan debutnya pada 21 Desember 2017, dalam pertandingan dengan Deportivo Aragón, digantikan pada menit ke-82.

Mallorca

Pada tanggal 30 Agustus 2021, sesama klub La Liga Mallorca mengkonfirmasi transfer bebas Lee, menandatangani kontrak empat tahun.

Selama musim 2022-23, Lee menjadi salah satu penggiring bola terbaik di Lima Besar liga Eropa dengan mencatatkan tingkat keberhasilan dribel tertinggi dan jumlah dribel sukses tertinggi keenam.

Kang-in Lee more popular than Mbappé... in Paris! - AS USA

Paris Saint Germain

Pada tanggal 8 Juli 2023, klub Ligue 1 Paris Saint-Germain mengumumkan penandatanganan Lee dengan kontrak 5 tahun yang berlaku hingga tahun 2028. Menjadi orang Korea Selatan pertama yang bermain untuk klub tersebut. Biaya transfer sebesar €22 juta euro dibayarkan ke Mallorca setelah Lee lulus tes medis pada awal Juni. Dia melakukan debutnya dengan hasil imbang 0-0 melawan Lorient di Parc des Princes pada 12 Agustus. Pada tanggal 25 Oktober, Lee mencetak gol PSG pertamanya, yang pertama di Liga Champions, dalam kemenangan 3-0 atas AC Milan. Pada tanggal 3 November, ia mencetak gol pertamanya di Ligue 1 dalam kemenangan 3-0 atas Montpellier.

Kehidupan pribadi

Ia lahir pada 19 Februari 2001 di Incheon, anak bungsu dari tiga bersaudara. Ayahnya Lee Woon-seong adalah instruktur taekwondo di Incheon dan penggemar berat sepak bola (terutama mendiang Diego Maradona).

BACA JUGA : Omar Abdulrahman Ahmed Al Raaki Al Amoudi Messi Asia

 

 

 

 

 

You May Also Like