Jadon Malik Sancho A.K.A James Bond

3 min read

Jadon Malik Sancho merupakan pemain sepak bola profesional Inggris yang bermain sebagai pemain sayap untuk klub Liga Premier Manchester United, Sebelumnya ia menjadi pemain muda bersama Watford dan Manchester City.

Sancho mulai menandatangani kontrak senior pertamanya dengan Borussia Dortmund pada tahun 2017. Di musim keduanya, ia membuktikan dirinya sebagai pemain reguler tim utama dan masuk dalam Tim Terbaik Bundesliga Musim 2018-19.

Menjelang musim 2019-20, Sancho memenangkan trofi pertamanya setelah kemenangan DFL-Supercup atas Bayern Munich. Kemudian mencetak dua gol untuk membantu Dortmund memenangkan final DFB-Pokal 2021. Dia dinobatkan sebagai runner-up dalam penghargaan Golden Boy dan Kopa Trophy pada tahun 2019. Sancho kembali ke Inggris untuk bergabung dengan Manchester United pada tahun 2021, memenangkan Piala EFL di musim keduanya.

Sancho adalah bagian dari tim muda Inggris yang memenangkan Piala Dunia FIFA U-17 2017 dan melakukan debut untuk tim senior pada tahun 2018.

Masa muda

Jadon Malik Sancho lahir pada tanggal 25 Maret 2000 di Camberwell, London Raya, dari orang tua dari Trinidad dan Tobago.Ia dibesarkan di Kennington, di London Selatan. Dia berteman dengan sesama calon pesepakbola Reiss Nelson, yang tinggal di dekatnya, setelah mereka bermain bersama di turnamen remaja. Saat tumbuh dewasa, dia adalah penggemar Chelsea, dan mengidolakan Ronaldinho dan Frank Lampard.

Karier klub

Karier awal

Sancho bergabung dengan Watford pada usia tujuh tahun. Karena masalah perjalanan melintasi London menuju akademi klub, ia pindah ke akomodasi yang disediakan oleh Watford dan mulai bersekolah di sekolah mitra mereka Akademi Harefield sebagai asrama, pada usia 11 tahun. Pada usia 14 tahun, dia memberi tahu pelatih Watford U-15 tentang niatnya bermain untuk Inggris.

Manchester United target Jadon Sancho lifts lid on Phil Foden relationship  and who he is closest to in England squad - Manchester Evening News

Borussia Dortmund

Sancho menandatangani kontrak dengan klub Bundesliga Jerman Borussia Dortmund. Pada 31 Agustus 2017 dengan biaya yang dilaporkan sekitar £8 juta dan langsung dimasukkan ke dalam skuad tim utama.

Sancho berhasil mencetak gol profesional pertamanya pada 21 April. Itu adalah gol pertama dalam kemenangan 4-0 melawan Bayer Leverkusen di Bundesliga dan dia juga membantu dua gol lainnya di pertandingan yang sama.

Kylian Mbappe sends message to Jadon Sancho after Man Utd win Carabao Cup -  Irish Mirror Online

Manchester United

Pada 1 Juli 2021, diumumkan bahwa Manchester United dan Dortmund telah mencapai kesepakatan untuk transfer Sancho. Dengan syarat dia menandatangani kontrak dan lulus tes medis, yang keduanya diharapkan terjadi setelah UEFA Euro 2020.

Sancho tidak dimasukkan dalam skuad United untuk pertandingan melawan Arsenal pada 3 September 2023. Dengan manajer Erik ten Hag menjelaskan bahwa Sancho tidak dipilih karena “penampilannya dalam latihan”, menyatakan bahwa para pemain “harus mencapai level tertentu setiap hari di Manchester United”.

Gaya permainan

Sancho dapat berfungsi sebagai striker kedua atau gelandang sayap biasanya dalam formasi Borussia Dortmund 4–2–3–1 di kedua sayap serangan. “Proyek pemain muda” Dortmund membantu Sancho berfungsi sebagai titik fokus serangan bersama bintang-bintang muda berbakat seperti Erling Haaland, Gio Reyna dan Jude Bellingham.

BACA JUGA : Lee Kang-in Pemain Negeri Ginseng Paling Berpengaruh di Eropa

 

 

 

 

You May Also Like