Federico Chiesa The Last Superhero

2 min read

Federico Chiesa adalah pemain sepak bola profesional Italia yang bermain sebagai pemain sayap kiri atau striker kedua untuk klub Serie A Juventus dan tim nasional Italia. Dia adalah putra mantan pesepakbola Enrico Chiesa.

Berasal dari akademi muda Fiorentina, Chiesa melakukan debut tim utama pada tahun 2016. Dia bertahan di klub tersebut selama empat tahun, mencetak 34 gol dalam 153 penampilan di semua kompetisi. Chiesa pindah ke Juventus pada musim 2020-21, memenangkan Coppa Italia dan Supercoppa Italiana di musim pertamanya.

Di tingkat internasional, Chiesa melakukan debut seniornya untuk Italia pada Maret 2018. Ia membantu negaranya memenangkan UEFA Euro 2020, sekaligus masuk dalam Tim Terbaik Turnamen.

Karier klub

Karier pemuda

Chiesa memulai karir mudanya bersama Settignanese dari Settignano, sebuah frazione di timur laut Florence. Di mana dia dilatih oleh legenda Fiorentina Kurt Hamrin.

Fiorentina

Dia bergabung dengan Fiorentina pada tahun 2007. Awalnya menjadi anggota tim Giovanili, Chiesa dimasukkan ke skuad U-19 untuk musim 2014-15, dan mencetak satu gol dalam tujuh penampilan untuk tim Primavera mereka. Musim berikutnya, ia membuat 23 penampilan dan berhasil mencetak tujuh gol.

Federico Chiesa hits winner as Juventus beat Atalanta to take Coppa Italia  | European club football | The Guardian

Juventus

Pada 5 Oktober 2020, Chiesa menandatangani perjanjian pinjaman dua tahun dengan Juventus pinjaman €3 juta untuk musim pertama dan pinjaman €7 juta untuk musim kedua, dengan kewajiban bersyarat untuk membeli seharga €40 juta ditambah €10 juta dalam variabel. Pada 17 Oktober, Chiesa melakukan debutnya untuk Juventus, memberikan assist untuk Álvaro Morata dan langsung mendapat kartu merah saat bermain imbang 1-1 melawan Crotone.

Musim 2022–23

Pada 2 November 2022, setelah hampir sepuluh bulan absen, Chiesa melakukan debutnya musim ini dengan kekalahan kandang 2-1 melawan Paris Saint-Germain, menggantikan Fabio Miretti di menit ke-74, di pertandingan terakhir mereka Liga Champions UEFA 2022–23 cocok.

Cristiano Ronaldo is about to cry and was robbed of the limelight. It's  hard to be Juventus boss. Chiesa is not for sale. - iNEWS

Pemuda dan Senior

Untuk pertama kali Chiesa dipanggil ke skuad Italia U19 pada tahun 2015. Ia terpilih sebagai bagian dari skuad 27 pemain awal Paolo Vanoli untuk Kejuaraan UEFA Euro U-19 2016 di Jerman. Chiesa bermain untuk Italia U19 pada pertandingan persahabatan melawan Republik Ceko, Spanyol dan Prancis.

Meski baru dipanggil ke tim U-21 pada Maret 2017, Chiesa dipilih oleh pelatih kepala senior Italia Gian Piero Ventura untuk pertandingan persahabatan tidak resmi tim melawan San Marino di Empoli pada 31 Mei. Chiesa melakukan debut internasional senior tidak resminya dalam pertandingan tersebut, dimulai dengan kemenangan 8-0 Italia

Kehidupan pribadi

Ayah Chiesa, Enrico, juga seorang pesepakbola profesional ia bermain untuk berbagai klub Serie A, terutama Parma, Fiorentina dan Siena, dan mewakili tim nasional Italia.

BACA JUGA : Sandro Tonali The Next Andre Pirlo

 

You May Also Like