Ryan Jiro Gravenberch The “Next Guardians”

2 min read

Ryan Jiro Gravenberch merupakan pesepak bola asal Belanda. Kelahiran 16 Mei 2002 yang bermain sebagai gelandang tengah untuk klub Liga Premier Liverpool dan tim nasional Belanda.

Karier klub

10 Potret Ryan Gravenberch, Wonderkid Termahal Eredivisie

Ajax

Ryan Jiro Gravenberch bergabung dengan Akademi Pemuda Ajax pada tahun 2010, dan terus naik ke tingkat junior. Pada tanggal 7 Juni 2018, ia menerima “Abdelhak Nouri Trofee” pertama, yang mengakui bakat terbaik di akademi Ajax. Dia menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Ajax pada hari yang sama, membuatnya tetap di klub hingga tahun 2023. Gravenberch melakukan debut profesionalnya bersama Jong Ajax dalam kemenangan 5-2 Eerste Divisie atas FC Dordrecht pada 24 Agustus 2018.

Gravenberch melakukan debut seniornya bersama Ajax pada 23 September 2018, dengan kekalahan 3-0 di Eredivisie dari PSV. menjadi pemain Ajax termuda yang bermain di Eredivisie pada usia 16 tahun 130 hari, melampaui rekor 16 tahun 242 hari yang dibuat oleh Clarence Seedorf.

Pada 25 November 2020, Gravenberch mencetak gol pertamanya di Liga Champions dalam kemenangan 3-1 atas Midtjylland di musim 2020-21.

Pada 18 April 2021, Gravenberch mencetak gol pertama dalam kemenangan 2-1 atas Vitesse di Final Piala KNVB 2021.

Welcome to Liverpool Ryan Jiro Gravenberch

Liverpool

Pada 1 September 2023, hari terakhir jendela transfer Liga Premier, Gravenberch menandatangani kontrak dengan Liverpool dengan kontrak lima tahun. Biayanya, yang secara resmi tidak diungkapkan, dilaporkan sebesar €40 juta. Pada 16 September, Gravenberch membuat penampilan debutnya untuk Liverpool, masuk sebagai pemain pengganti di perpanjangan waktu untuk menggantikan Mohamed Salah di menit ke-93 dalam kemenangan tandang Liga Premier melawan Wolverhampton. Pengembara.[17] Pada tanggal 21 September, Gravenberch membuat umpan panjang ke dalam kotak untuk membantu Luis Diaz, assist pertamanya untuk Liverpool, selama kemenangan penyisihan grup Liga Europa melawan LASK di mana timnya menang 3-1. Pada tanggal 5 Oktober, Gravenberch mencetak gol pertamanya untuk Liverpool dalam kemenangan 2-0 melawan Union Saint-Gilloise di Liga Eropa UEFA. Gravenberch memulai sejumlah pertandingan di Liga Premier pada bulan Oktober dan November 2023 karena absennya starter reguler Curtis Jones karena skorsing dan kemudian cedera.

BACA JUGA : Kingsley Junior Coman The “Cannon” Coman

You May Also Like