Adama Traoré Diarra “Bolt” Tankman

2 min read

Adama Traoré Diarra (lahir 25 Januari 1996) merupakan seorang pemain sepak bola profesional asal Spanyol yang bermain sebagai gelandang sayap atau bek sayap untuk klub Liga Utama Inggris Fulham dan tim nasional Spanyol.

Former Barcelona winger open to Real Madrid move

Traoré memulai karirnya dengan klub Barcelona, muncul sebagai pemain cadangan. Pada 2015 ia pun menandatangani kontrak dengan Aston Villa dan setahun kemudian Middlesbrough, sebelum bergabung dengan Wolverhampton Wanderers pada Agustus 2018. Pada Januari 2022, ia kembali ke Barcelona dengan status sebagai pemain pinjaman hingga akhir musim La Liga 2021–2022. Setelah kontraknya berakhir dengan Wolverhampton Wanderers pada bulan Agustus 2023, Traoré pun memutuskan untuk bergabung ke Fulham dengan menandatangani kontrak berdurasi hingga 2025.

Traoré berhasil memenuhi syarat untuk mewakili Mali, melalui orang tuanya yang asal Mali, Prancis, karena telah tinggal di negara tersebut sejak ia masih kecil, atau Spanyol, negara ia dilahirkan, pada turnamen sepak bola internasional. Ia tampil perdana untuk timnas senior Spanyol pada 2020.

Adama Traoré Diarra dalam beberapa waktu belakangan menjadi perbincangan publik karena performa apiknya di atas lapangan hijau. Meskipun demikian, masih belum banyak yang tahu kalau winger 23 tahun tersebut dijuluki sebagai Usain Bolt.

Sekadar diketahui, Bolt merupakan seorang atlet lari asal Jamaika. Saat ini, Bolt merupakan pelari tercepat di dunia lantaran mampu berlari 100 meter dalam waktu 9,58 detik. Di nomor 200 meter, Bolt juga berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 19,19 detik.

Ia pun dijuluki sebagai Usain Bolt karena memiliki sprint sangat cepat layaknya sprinter asal Jamaika tersebut. Kemampuan berlari Traore sejatinya sudah ia tunjukkan sejak masih membela akademi sepakbola Barcelona, La Masia.

BACA JUGA : Dusan Vlahovic The Next “Ibracadabra”

Ketika berada di La Masia, Traore memiliki postur tubuh yang pendek. Akan tetapi, ada dua hal yang menjadi keunggulan pemain keturunan Mali tersebut, yakni kecepatan dan kekuatan. Hal itulah yang membuat Traore begitu menonjol dibandingkan dengan anak-anak seusianya.

Adapun julukan Usain Bolt tersebut didapatkan ketika ia masih berada dibawah La Masia. Bisa dibilang, Traore merupakan pemain yang terkenal pada angkatannya. Ditambah lagi dengan kemampuannya mengolah si kulit bundar yang semakin membaik, Traore pun sering dipanggil untuk bertanding di kelompok usia yang lebih tua darinya.

 

You May Also Like