“Peacky” Jack Atau Jack Peter Grealish

2 min read

Jack Peter Grealish lahir 10 September 1995 merupakan seorang pemain sepak bola profesional asal Inggris. Yang bermain sebagai pemain sayap atau gelandang serang untuk klub Liga Utama Inggris Manchester City dan tim nasional Inggris.

Jack Grealish 'definitely stinks' still celebrating Treble glory in same kit the next day - Daily Star

Grealish bergabung dengan Aston Villa pada usia enam tahun. Dan memulai debutnya untuk klub pada Mei 2014, setelah dipinjamkan ke Notts County. Ia berhasil memenuhi syarat untuk mewakili Inggris atau Republik Irlandia secara internasional, Grealish membela Republik Irlandia hingga level U-21. Sebelum akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Inggris pada April 2016. Ia mulai bermain bersama Inggris U-21 untuk pertama kalinya pada Mei 2016, berhasil memenangkan Turnamen Toulon 2016. Pada tahun 2021, Grealish meninggalkan Villa dan pindah ke Manchester City dengan kesepakatan transfer senilai £ 100 juta, menjadikannya sebagai pemain Inggris termahal yang pernah ada.

Karier klub

Man City win historic TREBLE as Pep Guardiola's men emulate Man Utd's iconic 1999 team after beating Inter Milan | The Sun

Manchester City

Pada 5 Agustus 2021, Manchester City mengumumkan bahwa Grealish telah resmi menandatangani kontrak berdurasi enam tahun yang akan berlangsung hingga 2027. Dilaporkan pula bahwa biaya transfer yang dibayarkan ke Aston Villa adalah sebesar £100 juta. Yang menjadi transfer termahal sepanjang masa bagi seorang pemain Inggris, serta nilai transfer tertinggi yang pernah dibayarkan oleh sebuah klub Inggris.

Grealish menggunakan nomor punggung 10 oleh tim yang sebelumnya dikenakan oleh legenda klub Sergio Agüero. Di mana Agüero meninggalkan City sebulan sebelumnya setelah sepuluh musim bersama tim. Sepuluh hari kemudian, Grealish memulai debutnya untuk City ketika timnya mengalami kekalahan 1–0 atas Tottenham Hotspur pada pekan pertama Liga Utama Inggris 2021–2022.

Pada 21 Agustus, Grealish berhasil mencetak gol pertamanya untuk klub dalam kemenangan 5–0 atas Norwich City. Ia berhasil mencetak gol pada debutnya di Liga Champions pada 15 September. Membuat Cityzens unggul 4–2 dalam kemenangan kandang 6–3 atas RB Leipzig di pertandingan pembuka babak grup. Ia juga memberikan umpan untuk gol Nathan Aké yang merupakan gol pembuka City.

BACA JUGA : Kevin De Bruyne The “PlayMaker”

You May Also Like