David De Gea The “Sticky Gloves”

2 min read

David De Gea lahir 7 November 1990 adalah seorang pemain sepak bola berkebangsaan Spanyol. Yang berposisi sebagai penjaga gawang dan terakhir bermain di Manchester United. De Gea dianggap sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di era generasinya karena penyelamatan dan refleksnya yang bagus.

Kekhawatiran MU Kehilangan De GeaDavid De Gea The “Sticky Gloves”

BACA JUGA : Luka Modric The “Puppet Master”

Lahir di kota Madrid dan dibesarkan di dekat Illescas. David De Gea memulai karir pertama nya sebagai pemain sepak bola bersama dengan Atlético Madrid. Meningkat melalui sistem akademi di klub sebelum melakukan debut seniornya pada tahun 2009. Saat ia berusia 18 tahun. Setelah dijadikan penjaga gawang pilihan pertama Atlético. Dia membantu tim memenangkan Liga Eropa UEFA dan Piala Super UEFA pada tahun 2010. Penampilannya kemudian menarik perhatian Manchester United. Dan De Gea bergabung ke klub tersebut pada tahun 2011 dengan harga £18,9 juta, rekor Inggris untuk penjaga gawang saat itu.

Selama waktunya di Manchester United. De Gea membuat lebih dari 500 penampilan dan memenangkan gelar Liga Utama Inggris. Satu Piala FA, dua Piala Liga, tiga Community Shields dan Liga Eropa UEFA. Selama tiga musim berturut-turut dari 2013–14 hingga 2015–16. De Gea terpilih sebagai pemain United’s Sir Matt Busby Player of the Year. Pemain pertama dalam sejarah mengukir penghargaan yang menang dalam tiga kesempatan berturut-turut (total empat), serta berhasil masuk dalam empat kali berturut-turut (total lima) PFA Team of the Year dari tahun 2015 hingga 2018. Pada 2018, namanya masuk dalam FIFA FIFPro World11. De Gea meninggalkan Manchester United setelah kontraknya berakhir pada 2023.

Prestasi

Dianggap sebagai penerus Iker Casillas sebagai kiper jangka panjang Spanyol. De Gea adalah sang kapten Spanyol U-21 yang berhasil memenangkan Kejuaraan Eropa di 2011 dan 2013, dan juga berkompetisi di Olimpiade Musim Panas 2012. Dia memulai debut untuk tim senior pada tahun 2014 dan berhasil terpilih sebagai salah satu pemain Spanyol di Piala Dunia tahun itu. De Gea juga ditunjuk sebagai kiper utama Spanyol untuk Kejuaraan Eropa di tahun 2016 dan Piala Dunia FIFA 2018, dan menerima kritik atas penampilannya di pertandingan terakhir. De Gea pun harus kehilangan tempat utamanya setelah digantikan Unai Simón sejak gelaran UEFA Euro 2020.

Pada awal Mei 2010, berdasarkan dari penampilannya di Atletico yang solid, namanya dicantumkan di timnas senior oleh manager Vicente del Bosque di dalam skuad yang berisikan 30 orang, untuk FIFA World Cup; sayangnya, dia tidak bisa menembus tempat utama. Di tahun 2011 dia merupakan bagian dari tim U-21 Spanyol yang berhasil menjuarai European Championship 2013.

 

 

You May Also Like