Biografi Emiliano Martínez, Kiper Kontroversial

2 min read

Damián Emiliano Martínez Romero, pemain sepakbola yang perposisi sebagai penjaga gawang untuk Timnas Argentina dan yang bermain untuk klub Premier League Aston Villa.

Martínez merupakan bintang sepakbola yang berhasil membawa Argentina menjuarai Piala Dunia tahun 2022. Dan ia juga berhasil meraih peghargaan golden glove pada edisi Piala Dunia 2022 tersebut.

Emiliano Martínez memulai karirnya bersama Arsenal pada tahun 2012. Namun dalam masa kontrak dengan Arsenal ia justru lebih banyak dipinjam kan kebeberapa klub lain nya seperti Oxford United, Sheffield Wednesday, Rotherham United, Wolverhampton Wanderers, Getafe, Hingga Reading. Dan saat ini ia bermain untuk Aston Villa.

BACA JUGA : Biografi Sergio Ramos sang El Matador

Biografi Emiliano Martínez, Kiper Kontroversial

Nama Emil Martinez mulai dikenal banyak orang berkat aksinya di pentas Piala Dunia 2022. Yang dimana ia melakukan banyak penyelamatan penting untuk tim Argentina, dan membantu Lionel Messi meraih trophy Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah karirnya.

Moment yang paling diingat pecinta sepakbola yaitu ketika Emiliano Martínez tampil difinal Piala Dunia. Martínez berhasil menepis sepakan dari pemain Prancis dalam posisi satu lawan satu. Yaitu Randal Kolo Muani menendang dan berhasil ditepis oleh Martínez dengan kaki kiriinya.

Dengan penyelamatan tersebut, Argentina berhasil menahan Prancis hingga babak tambahan dan mulai memasuki babak adu pinalti. Kemudian perannnya dalam babak adu pinalty juga sangat penting. Ia berhasil menahan tendangan dari Kingsley Coman, dan memenangkan turnamen melalui drama adu pinalti 4 – 2 setelah pertandingan berakhir imbang 3 – 3 setelah perpanjangan waktu.

Ia memenangkan penghargaan golden glove dalam turnamen Piala Dunia atas penampilannya yang fantastis. Selain itu ia juga berhasil memenangkan penghargaan The Best FIFA 2022 sebagaii Kiper Terbaik Pria.

 

You May Also Like