Patrik Schick “Sang Penyelamat”

2 min read

Patrik Schick (lahir 24 Januari 1996) adalah pemain sepak bola profesional Ceko yang bermain sebagai penyerang untuk klub Bundesliga Bayer Leverkusen dan tim nasional Republik Ceko.

BACA JUGA :Christian Pulisic “Captain America”

Lahir di Praha, Schick memulai karirnya dengan klub lokal Sparta Prague. Naik dari tim mudanya, sebelum melakukan debut seniornya saat remaja. Pada tahun 2016, pada usia 20 tahun, ia pindah ke Sampdoria di Italia setelah tampil mengesankan bersama Bohemians 1905. Setelah musim debut yang mengesankan di Italia. Ia pindah ke Roma pada tahun 2017 dengan biaya yang dilaporkan memecahkan rekor klub. Pada tahun 2019, Schick pindah ke Jerman untuk bergabung dengan RB Leipzig dengan status pinjaman selama satu musim sebelum pindah ke rival Bundesliga Bayer Leverkusen secara permanen pada September 2020.

Karir internasional

Patrik Schick dipanggil ke tim senior Republik Ceko untuk pertama kalinya di kamp pelatihan pra-UEFA Euro 2016. Dia mendapatkan topi pertamanya untuk negara dalam pertandingan pemanasan turnamen melawan Malta pada 27 Mei 2016. Schick mencetak gol pertamanya untuk tim nasional di pertandingan yang sama, melengkapi skor dalam kemenangan 6-0.

UEFA Euro 2020

Pada 25 Mei 2021, Schick dimasukkan dalam skuad 26 pemain terakhir Republik Ceko untuk turnamen UEFA Euro 2020 yang ditunda. Dalam pertandingan penyisihan grup pertama melawan Skotlandia pada tanggal 14 Juni di Hampden Park di Glasgow. Schick mencetak kedua gol saat Republik Ceko menang 2-0. Tendangan kedua dari garis tengah adalah gol terlama yang tercatat di Euro sejak 1980 pada jarak 45 meter (49 yd). Gol tersebut kemudian terpilih sebagai “gol turnamen”, dan dinominasikan untuk Penghargaan Puskás FIFA. Ia menjadi pemain Ceko pertama sejak Tomáš Rosický di Piala Dunia FIFA 2006 yang mencetak dua gol di turnamen besar dan yang pertama sejak Milan Baroš pada tahun 2004 yang melakukannya di Kejuaraan Eropa.

Melawan Kroasia pada tanggal 18 Juni, Schick mencetak gol dari penalti untuk membantu timnya mendapatkan hasil imbang 1-1. Pada tanggal 27 Juni, ia mencetak gol keempatnya di turnamen tersebut dalam kemenangan mengejutkan Republik Ceko atas Belanda di babak 16 besar. Pada tanggal 3 Juli, ia mencetak gol dalam kekalahan 2-1 melawan Denmark di perempat final. Menyamai rekor lima gol Milan Baroš untuk Republik Ceko di turnamen Kejuaraan Eropa. Bersama Cristiano Ronaldo, ia adalah pencetak gol terbanyak bersama UEFA Euro 2020 dengan 5 gol, dengan jumlah gol terbanyak yang dicetak dari permainan terbuka.

 

 

You May Also Like