Zlatan Ibrahimović “Ibracadabra”

3 min read

Zlatan Ibrahimović lahir 3 Oktober 1981 adalah mantan pemain sepak bola profesional Swedia yang bermain sebagai striker. Ibrahimović terkenal dengan serangan akrobatik dan voli, teknik dan kontrol bola, serta dominasi fisiknya. Dia dianggap sebagai salah satu striker terhebat sepanjang masa dan merupakan salah satu pesepakbola paling berprestasi di dunia, setelah memenangkan 34 trofi dalam karirnya. Dia telah mencetak lebih dari 570 gol dalam karirnya, termasuk lebih dari 500 gol klub, dan telah mencetak gol dalam empat dekade terakhir.

Ibrahimović memulai karirnya di Malmö FF pada tahun 1999, dan menandatangani kontrak dengan. Ajax dua tahun kemudian, di mana ia mendapatkan reputasi sebagai salah satu penyerang paling menjanjikan di Eropa. Dia berangkat dua tahun kemudian untuk menandatangani kontrak dengan Juventus sebelum bergabung dengan rival domestiknya Inter Milan pada tahun 2006. Di Inter Milan, dia memenangkan tiga gelar Serie A berturut-turut dan popularitasnya mengalami peningkatan yang signifikan. Pada musim panas 2009, ia pindah ke Barcelona dengan salah satu transfer termahal di dunia. Setelah hanya satu musim, ia kembali ke Italia setelah menandatangani kontrak dengan rival Inter, Milan. Bersama mereka, ia memenangkan gelar Serie A di musim debutnya.

Pada tahun 2012, Ibrahimović bergabung dengan Paris Saint-Germain, membawa mereka meraih gelar. Ligue 1 pertama mereka dalam 19 tahun dan segera menjadikan dirinya sebagai tokoh terkemuka dalam dominasi mereka di sepak bola Prancis. Selama empat musim tinggal di Prancis, ia memenangkan empat gelar Ligue 1 berturut-turut. Menjadi pencetak gol terbanyak di Ligue 1 selama tiga musim dan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa PSG saat itu. Pada tahun 2016, ia bergabung dengan Manchester United dengan status bebas transfer dan memenangkan penghargaan Eropa pertamanya di musim debutnya. Ibrahimović bergabung dengan klub Amerika LA Galaxy pada tahun 2018 dan bergabung kembali dengan Milan pada tahun 2020, memenangkan gelar Serie A kelimanya pada tahun 2022.

BACA JUGA :Leon Christoph Goretzka

Zlatan Ibrahimović adalah salah satu dari sebelas pemain yang membuat 100 penampilan atau lebih untuk tim nasional Swedia, selama 20 tahun karir internasionalnya. Dia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa negara itu dengan 62 gol. Ibramewakili Swedia di Piala Dunia FIFA 2002 dan 2006, serta Kejuaraan Eropa UEFA 2004, 2008, 2012, dan 2016. Dia telah dianugerahi Guldbollen (Bola Emas), yang diberikan kepada pemain terbaik Swedia tahun ini, sebuah rekor sebanyak 12 kali, termasuk 10 kali berturut-turut dari tahun 2007 hingga 2016. Gol tendangan sepeda dari jarak 35 yard Ibrahimović untuk Swedia melawan Inggris memenangkan. FIFA Puskás 2013 Penghargaan, dan sering dianggap sebagai salah satu gol terbaik sepanjang masa. Dia telah mencetak gol-gol mengesankan lainnya, terutama di Kejuaraan Eropa.

Ibrahimović masuk dalam FIFA FIFPro World XI pada tahun 2013 dan. UEFA Team of the Year pada tahun 2007, 2009, 2013 dan 2014. Ia finis di posisi keempat untuk FIFA Ballon d’Or pada tahun 2013. Pada tahun 2015, UEFA memasukkannya sebagai salah satu pemain terbaik yang belum pernah memenangkan Liga Champions UEFA, sedangkan pada tahun 2019, majalah FourFourTwo menobatkannya sebagai pemain terhebat ketiga yang tidak pernah memenangkan kompetisi tersebut. Pada bulan Desember 2014, surat kabar Swedia Dagens Nyheter menempatkannya sebagai olahragawan. Swedia terhebat kedua yang pernah ada, setelah pemain tenis Björn Borg. Di luar lapangan, Ibrahimović dikenal karena kepribadiannya yang kurang ajar dan komentarnya yang blak-blakan, selain menyebut dirinya sebagai orang ketiga.

 

You May Also Like