Zion Suzuki “Mutiara Hitam dari Jepang”

2 min read

Zion Suzuki (鈴木 彩艶, Suzuki Zaion, lahir 21 Agustus 2002) adalah pemain sepak bola profesional yang bermain sebagai penjaga gawang untuk klub Liga Pro Belgia Sint-Truiden, dengan status pinjaman dari klub Liga J1 Urawa Reds. Lahir di Amerika Serikat, ia mewakili tim nasional Jepang.

Garis Keturunan

Suzuki lahir di Little Rock, Arkansas, Amerika Serikat, dari ayah Amerika keturunan Ghana dan ibu Jepang. Keluarganya kemudian pindah ke Jepang, menetap di Urawa, Saitama, tempat Suzuki dibesarkan.

Karier klub

Karier profesional Suzuki dimulai bersama Urawa Reds ketika ia berusia 16 tahun lima bulan, menjadikannya pemain termuda dalam sejarah klub yang menandatangani kontrak profesional. Penampilan pertamanya di J1 League terjadi pada Mei 2021 dalam laga melawan Vegalta Sendai.

BACA JUGA :Kim Min-jae “Monster”

Pada Agustus 2023, Suzuki dipinjamkan dari Urawa Reds ke Sint-Truidense V.V., tim papan tengah di Liga Pro Belgia. Dia menjabat sebagai pengganti kiper Jepang Daniel Schmidt sebelum dia ditunjuk sebagai starter. Hingga 26/1/2024, Suzuki telah bermain dalam 80% pertandingan di musim 2023/2024 dan menjadi starter di semua pertandingan yang ia mainkan. Sejauh ini, ia mencatatkan 16 penampilan, kebobolan 26 gol, dan 3 clean sheet. Zion Suzuki akan kembali ke klub asalnya, Urawa Reds di J-League pada 30/6/2024.

Selama bertugas di Sint-Truidense V.V., ia ditawari posisi sebagai penjaga gawang cadangan di Manchester United. Zion menolak tawaran itu, ingin bertahan di Sint-Truidense.

Karir internasional

Suzuki telah mewakili Jepang di berbagai tingkatan dalam sepak bola remaja. Pada 19 Juli 2022, ia mendapatkan cap pertamanya bersama tim nasional senior Jepang, memainkan pertandingan penuh melawan Hong Kong di Kejuaraan Sepak Bola E-1 EAFF 2022, yang mereka menangkan dengan skor 6-0. Ia bermain di laga pembuka dalam kemenangan 4-2 melawan Vietnam di Piala Asia AFC 2023. Dia juga bermain dalam kekalahan 1-2 dari Irak di Piala Asia AFC 2023, di mana dia mencatatkan 1 penyelamatan.

You May Also Like