Thiago Silva

2 min read

Thiago Emiliano da Silva yang dikenal dengan nama Thiago Silva  lahir pada tanggal 22 September 1984. Merupakan pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain sebagai bek tengah untuk klub Liga Inggirs Chelsea dan tim nasional Brasil. Secara luas dianggap sebagai salah satu pembela terhebat sepanjang masa, ia dikenal karena kehebatan pertahanan, disiplin, dan kepemimpinannya.

BACA JUGA : Sandy Walsh “Dream Come True”

Silva memulai karir klub seniornya pada tahun 2002 bermain sebagai gelandang untuk RS Futebol. Dan beralih ke posisi bertahan saat berada di Juventude; dia kemudian menandatangani kontrak dengan Porto pada tahun 2004. Pada usia 19 tahun, dan pindah ke Dynamo Moscow dengan status pinjaman, di mana dia dirawat di rumah sakit karena serangan tuberkulosis yang hampir fatal. Setelah pulih, ia bergabung dengan Fluminense dan memenangkan Copa do Brasil. Pada tahun 2009, Silva pindah ke AC Milan dengan biaya yang dilaporkan sebesar €8 juta dan memenangkan gelar Serie A 2010-11.

Pada tahun 2012, Silva menjadi subjek kesepakatan sepak bola asosiasi yang memecahkan rekor ketika ia menandatangani kontrak dengan Paris Saint-Germain dengan nilai transfer hingga €42 juta, menjadikannya bek termahal yang pernah ada pada saat itu. Di sana, ia menjadi kapten klub yang paling lama bertugas, memenangkan tujuh gelar Ligue 1. Enam Coupes de la Ligue, lima Coupes de France, dan bermain di final Liga Champions UEFA, yang menjadi penampilan terakhirnya di PSG. Dia saat ini menempati peringkat kedelapan dalam penampilan sepanjang masa untuk klub. Pada tahun 2020, Silva yang berusia 36 tahun bergabung dengan Chelsea dengan status bebas transfer. Memenangkan Liga Champions di musim pertamanya, dan Piala Super UEFA serta Piala Dunia Antarklub FIFA di musim kedua.

Thiago Silva

Silva melakukan debut internasional seniornya untuk Brasil pada tahun 2008 pada usia 23 tahun. Dan sejak itu telah mencatatkan lebih dari 110 caps, termasuk penampilan di delapan turnamen besar. Dia memperoleh medali perunggu di Olimpiade Musim Panas pada tahun 2008 dan perak pada tahun 2012. Sebelum menjabat sebagai kapten Brasil di kandang sendiri saat mereka memenangkan Piala Konfederasi FIFA 2013 dan menempati posisi keempat di Piala Dunia FIFA 2014. Silva juga merupakan anggota tim yang memenangkan Copa América pada tahun 2019 dan menjadi runner-up pada tahun 2021.

You May Also Like