Emre Can “Zayn Malik”

3 min read

Emre Can (Pengucapan Turki:[ˈemɾe ˈdʒan] lahir 12 Januari 1994) adalah pemain sepak bola profesional. Jerman yang bermain sebagai gelandang bertahan untuk klub Bundesliga Borussia Dortmund, yang ia kapteni, dan tim nasional Jerman. Pemain serba bisa, Can juga bisa bermain sebagai bek tengah.

Dia memulai karir seniornya di Bayern Munich, sebagian besar bermain di tim cadangan klub sebelum transfernya pada tahun 2013 ke Bayer Leverkusen. Semusim kemudian, dia ditandatangani oleh klub Liga Inggris Liverpool seharga £9,75 juta di mana dia membuat lebih dari 150 penampilan di semua tingkatan kompetisi dan bergabung dengan Juventus pada tahun 2018. Pada tahun 2020 dia dipinjamkan ke Borussia Dortmund; beberapa minggu kemudian dia pindah ke tim berdasarkan kontrak permanen.

Karir internasional

Dapat menerima panggilan untuk tim sepak bola muda Jerman U15, U16 dan U17. Pada tahun 2011, ia menjadi bagian dari tim U17 yang menjadi runner-up Kejuaraan Eropa. Ia juga masuk dalam tim terbaik turnamen tersebut. Belakangan tahun itu, ia menjadi kapten skuad di Piala Dunia FIFA U-17 2011 dan memimpin timnya ke semifinal. Selama semifinal, ia mencetak gol solo melawan Meksiko: ia menerima bola dengan tiga penanda mendekatinya, melewati satu penanda dan melangkah ke depan sebelum melarikan diri dari dua lawan lainnya dan menghindari penjaga gawang, namun Jerman dikalahkan 3-2.

BACA JUGA :Pierre-Emile Højbjerg

Emre Can mewakili tim U-21 di Kejuaraan Eropa 2015 di Republik Ceko, menjadi starter di keempat pertandingan. Dalam pertandingan pembukaan mereka di Stadion Letná di Praha pada tanggal 17 Juni, Can mencetak gol penyeimbang pada menit ke-17 dari tepi area penalti dalam hasil imbang 1-1 melawan Serbia. Dalam pertandingan grup kedua mereka di Eden Arena di Praha melawan Denmark pada tanggal 20 Juni. Can melakukan umpan mistar untuk membantu penyelesaian cerdas Kevin Volland pada menit ke-32. Pada menit ke-47 Can mendapat hadiah tendangan bebas, yang membuat Volland menggandakan keunggulan berkat tendangan bebas yang sangat bagus dari jarak 25 meter. Matthias Ginter melengkapi skor dengan menyundul umpan silang Amin Younes hanya lima menit kemudian yang menghasilkan kemenangan 3-0. Jerman tersingkir di semifinal setelah kekalahan 5-0 dari Portugal pada 27 Juni, di mana Can menjadi starter.

Pada tanggal 28 Agustus 2015, Emre  Can menerima panggilan senior pertamanya dari manajer Joachim Löw, menjelang pertandingan kualifikasi UEFA Euro 2016 bulan berikutnya melawan Polandia dan Skotlandia. Dia melakukan debutnya pada 4 September di game pertama, bermain 90 menit penuh dengan kemenangan 3-1 di Commerzbank-Arena di Frankfurt.

Dia mencetak gol internasional senior pertamanya pada 8 Oktober, dalam kemenangan kandang 5-1 di kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Azerbaijan. Dan Pada Mei 2018, ia dikeluarkan dari skuad Jerman untuk Piala Dunia FIFA 2018. Pada 19 Mei 2021, ia terpilih ke dalam skuad UEFA Euro 2020.

You May Also Like