Dominik Szoboszlai The Next Paul Pogba

2 min read

Dominik Szoboszlai pemain asal Hongaria yang memiliki gaya bermain seperti Paul Pogba. Ia adalah pesepakbola profesional Hongaria yang bermain sebagai gelandang untuk klub Liga Premier Liverpool dan menjadi kapten tim nasional Hongaria. Seorang pemain serba bisa, ia mampu bermain sebagai gelandang box-to-box, gelandang kanan, atau gelandang serang.

Berasal dari sistem pemuda, Szoboszlai mulai melakukan debut seniornya pada tahun 2017 bersama klub Austria FC Liefering. Tim cadangan Red Bull Salzburg. Pada Januari 2018, Szoboszlai memulai debutnya dengan klub induknya, menjadi starter pada musim 2018-19.

ESPN UK على X: "Dominik Szoboszlai has won a trophy in every season he's  played as a professional footballer 👀 https://t.co/vDETEWF7Mr" / X

Setelah tiga musim, di mana ia berhasil membantu klubnya memenangkan tiga gelar liga dan dua piala domestik, pada Januari 2021. Szoboszlai pindah ke Jerman di RB Leipzig, sebuah klub yang terkait dengan Red Bull Salzburg, dengan biaya yang dilaporkan sebesar €20 juta, menjadikannya pemain terbaik di dunia. pesepakbola Hungaria termahal sepanjang masa. Dalam tiga musim di klub, dia membantu timnya memenangkan dua gelar DFB-Pokal. Pada Juli 2023, ia bergabung dengan Liverpool setelah mereka membayar klausul pelepasannya sebesar €70 juta, menjadikannya pemain termahal keempat sepanjang masa klub.

Szoboszlai mewakili Hongaria secara internasional, baik di tingkat muda maupun senior. Dia melakukan debut seniornya di kualifikasi Euro 2020, membantu negaranya lolos ke final dengan mencetak gol di menit-menit terakhir di babak play-off melawan Islandia.

Dominik Szoboszlai's early impact shows Liverpool what they've been missing  - Liverpool FC - This Is Anfield

Kehidupan pribadi

Szoboszlai lahir di Székesfehérvár dari pasangan Zsanett (née Németh) dan mantan pesepakbola Zsolt Szoboszlai, yang bermain di liga bawah Austria. Saat Dominik lahir, ibunya baru berusia 19 tahun, sedangkan ayahnya berusia 23 tahun. Ayahnya mulai melatihnya sejak usia tiga tahun dengan meletakkan botol plastik di tanah untuk melakukan slalom dengan bola.

Dalam wawancara dengan Nemzeti Sport, Bendegúz Bolla mengatakan bahwa ayah Szoboszlai sering menyuruh Dominik berlatih dengan bola golf di masa kecilnya.

Pada tahun 2022, ia menyumbang ke badan amal Cseppkő Gyermekotthoni Központ bersama dengan Ádám Szalai. Pada tahun 2023, ia menyumbangkan kaos ke yayasan yang membantu mengumpulkan uang untuk keluarga mendiang Csaba Ponczok, mantan pemain Maglódi TC, yang meninggal pada tahun 2022.

Dia menjalin hubungan dengan Fanni Gécsek antara tahun 2021 dan 2023.

Selain bahasa Hongaria aslinya, Szoboszlai juga fasih berbahasa Inggris dan Jerman.

Dalam wawancaranya dengan Fodball, ia mengaku sering merasa kesepian. Dalam beberapa hari pertama, dia mengalami masa-masa sulit di Liverpool. Namun, kemudian ia berteman dengan Trent Alexander-Arnold.

BACA JUGA : Nicolò Barella “Radio Tansistor”

 

 

 

 

You May Also Like