David Olatukunbo Alaba

3 min read

David Olatukunbo Alaba adalah pemain sepak bola profesional Austria. Bermain sebagai bek tengah atau bek kiri untuk klub La Liga Real Madrid dan menjadi kapten tim nasional Austria. Dianggap sebagai salah satu bek terbaik di dunia, ia terkenal karena keserbagunaannya, keterampilan teknisnya, dan kemampuannya untuk berkontribusi secara efektif baik dalam peran bertahan maupun menyerang di lapangan.

These records shaped David Alaba's time at FC Bayern

David Olatukunbo Alaba memulai karirnya di sistem pemuda Bayern sebelum dipromosikan ke tim cadangan untuk musim 2009-10. Pada Januari 2011. Alaba bergabung dengan TSG 1899 Hoffenheim dengan status pinjaman hingga akhir musim 2010-11. Dia kembali ke Bayern Munchen pada awal musim 2011-12, di mana dia menjadi anggota reguler skuad tim utama. Alaba membuat lebih dari 400 penampilan untuk Bayern Munich. memenangkan 27 penghargaan termasuk sepuluh gelar Bundesliga dan dua gelar Liga Champions UEFA pada tahun 2013 dan 2020. Keduanya sebagai bagian dari treble. Selama berada di Jerman, ia masuk dalam Tim Terbaik UEFA sebanyak tiga kali. Pada tahun 2021, Alaba menandatangani kontrak dengan Real Madrid dia memenangkan gelar La Liga, Supercopa, dan Liga Champions 2021-22 di musim debutnya.

Alaba adalah pemain termuda kedua Austria yang bermain untuk tim nasional senior mereka. Memulai debutnya untuk mereka pada tahun 2009 saat berusia 17 tahun. Dia telah mendapatkan lebih dari 100 caps dan mewakili negaranya di UEFA Euro 2016 dan UEFA Euro 2020. Dia terpilih sebagai Pemain Terbaik Austria Tahun Ini sebanyak sembilan kali (termasuk enam kali berturut-turut dari 2011 hingga 2016).

Karier klub

Karier awal

Lahir di Wina, Alaba memulai karirnya dengan SV Aspern, klub lokalnya di Aspern, di distrik Wina Donaustadt. Sebelum bergabung dengan tim muda FK Austria Wien pada usia 10 tahun. Ia naik pangkat dengan cepat, dan pada bulan April Pada tahun 2008 ia masuk dalam bangku cadangan tim utama untuk pertandingan Bundesliga Austria. Ia juga bermain lima kali untuk tim cadangan Austria Wien. Sebelum berangkat pada musim panas 2008 untuk bergabung dengan klub Bundesliga Jerman, Bayern Munich.

David Alaba yang Bikin Bayern Munich Menyesal

Real Madrid

Pada 28 Mei 2021, klub raksasa Spanyol Real Madrid mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani Alaba dengan kontrak lima tahun yang dimulai pada 1 Juli. Ia mewarisi nomor punggung 4, yang sebelumnya dipakai oleh kapten terakhir Sergio Ramos selama 16 musim terakhir. Dia melakukan debutnya pada tanggal 14 Agustus, dimulai dengan kemenangan 4-1 atas Alavés. Dia berhasil mencetak gol pertamanya pada 24 Oktober dalam kemenangan 2-1 atas Barcelona, ​​​​El Clásico pertamanya. Menjadi pemain Austria kedua yang mencetak gol dalam sejarah El Clasico setelah Hans Krankl (1979). Pada tanggal 6 April 2022, Alaba membuat penampilan ke-100 Liga Champions dalam kemenangan tandang 3-1 melawan Chelsea di perempat final kompetisi.

Pada 10 Agustus 2022, ia mencetak gol pembuka di Piala Super UEFA 2022 melawan Eintracht Frankfurt dengan Real Madrid menang 2-0.Pada tanggal 14 Agustus, ia mencetak gol kemenangan untuk Real Madrid dari tendangan bebas dalam kemenangan tandang 2-1 melawan UD Almería.

 

BACA JUGA : Ferland Sinna Mendy From Zero to Hero

 

 

You May Also Like