Aitana Bonmatí Conca

2 min read

Aitana Bonmatí Conca adalah pemain sepak bola profesional Spanyol yang bermain sebagai gelandang tengah untuk klub Liga F Barcelona dan tim nasional wanita Spanyol. Dia dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di sepak bola wanita, setelah memenangkan Ballon d’Or pada tahun 2023.

BACA JUGA : Ricardo Kaká “Child of Jesus”

Bonmatí telah bersama Barcelona sejak 2012, berkembang melalui La Masia selama enam tahun. Dia dipromosikan ke tim utama Barcelona menjelang musim 2016-17. Dan tampil sebagai pemain cadangan untuk klub hingga tahun terobosannya di musim 2018-19. Pada tahun 2019, ia menjadi starter di final Liga Champions Wanita UEFA pertama dalam sejarah Barcelona, ​​dan kemudian pada tahun itu terpilih sebagai Pemain Terbaik Catalan untuk pertama kalinya.

Sepanjang musim 2020-21, Bonmatí berperan penting dalam kampanye perebutan treble kontinental Barcelona. Dia mempunyai salah satu penampilan paling penting dalam karirnya di final Liga Champions Wanita UEFA 2021. Mencetak gol ketiga Barcelona dan dinobatkan sebagai MVP Final.

Pada musim 2022-23, ia meningkatkan kemampuannya dalam mencetak gol. Dengan mencetak 19 gol di semua kompetisi, sekaligus membawa timnya meraih gelar ganda di liga domestik dan Liga Champions.

Aitana Bonmatí Conca meraih kesuksesan dengan kategori pemuda U-17, U-19 dan U-20 Spanyol. Dia telah memenangkan dua Kejuaraan Pemuda UEFA – masing-masing bersama tim Spanyol U-17 dan U-19 – dan menjadi runner-up di dua Piala Dunia Wanita Muda FIFA – masing-masing bersama tim Spanyol U-17 dan U-20. Dia telah menjadi pemain tim nasional wanita tim senior Spanyol sejak 2017. Dan tampil dalam skuad Spanyol pada 2019 dan kemenangan Piala Dunia Wanita FIFA 2023. Di mana dia juga memenangkan penghargaan Bola Emas sebagai pemain terbaik turnamen.

You May Also Like