Kurnia Meiga, Kiper Legendaris Indonesia

2 min read

Kurnia Meiga Hermansyah (lahir 7 Mei 1990) adalah mantan pemain sepak bola profesional Indonesia yang pernah bermain sebagai penjaga gawang di klub Arema dan tim nasional Indonesia. Ia juga merupakan adik kandung dari Achmad Kurniawan yang juga merupakan penjaga gawang dari Arema, klub dimana ia menghabiskan karirnya.

Di level klub Kurnia Meiga hanya bermain untuk Arema selama masa karier profesionalnya. Di Arema, Meiga sempat menjadi kiper pelapis kedua setelah kakak kandungnya, Achmad Kurniawan. Pertandingan terakhirnya adalah saat bertandang dan menang 1–2 dari Barito Putera pada Liga 1 2017. Sebelum dia didiagnosa mengidap penyakit mata, Papilledema yang di derita nya hingga saat ini.

BACA JUGA : Bambang Pamungkas, Legend Sepakbola Indonesia

Pada kompetisi ISL 2008–2009 ia mendapatkan sanksi selama 12 bulan dan denda sebesar 30 juta dari Komdis komisi disiplin PSSI. Namun mendapat keringanan menjadi 5 bulan dan denda 30 juta oleh Komdis karena terkait kerusuhan saat melawan PKT Bontang. Di kompetisi ISL 2009–2010, ia dinobatkan sebagai pemain terbaik menyisihkan nama-nama besar seperti Aldo Bareto, Christian Gonzalez, dan Ricardo Salampessy.

Kurnia Meiga, Kiper Legendaris Indonesia

DItahun 2016, ia menjalani trial bersama Gamba Osaka klub asal Jepang. Namun ia memilih untuk kembali ke Arema untuk melanjutkan karirnya.

Di level Timnas Indonesia, Meiga pertama kali dipanggil tim nasional senior Indonesia pada Kejuaraan Suzuki AFF 2010 sebagai penjaga gawang pelapis ke ketiga setelah Markus Haris Maulana dan Ferry Rotinsulu.

Dan dia melakukan pertandingan pertamanya untuk Indonesia pada Kualifikasi Piala Asia AFC 2015 melawan Arab Saudi. Dan ia harus kebobolan 2 gol pada pertandingan tersebut. Pertandingan keduanya tercatat saat melawan Belanda, dia membuat penyelamatan gemilang pada babak pertama sebelum kebobolan dua gol pemain dunia yaitu Siem de Jong dan satu gol oleh Arjen Robben.

Tercatat ada beberapa penghargaan Individu yang Kurnia Meiga dapat selama karirnya. Yaitu dimusim 2009-2010 Meiga pernah menjadi pemain terbaik Liga Super Indonesia. Pada tahun 2016 ia pernah menjadi kiper terbaik di AFF Suzuki Cup dan masuk kedalam Best XI AFF Suzuki Cup 2016.

You May Also Like