Dele Alli Wonderkid Yang Gagal Bersinar

2 min read

Bamidele Jermaine Alli atau dikenal dengan nama punggung Dele Alli. Alli adalah seorang pemain sepakbola profesional yang berposisi sebagai gelandang serang. Saat ini ia bermain untuk klub Besiktas dalam masa peminjaman dari Everton.

BACA JUGA : Perjalanan Karir Marco Asensio

Dele Alli lahir pada tanggal 11 April 1996 dan dibesarkan di Milton Keynes, Inggris. Diusianya yang menginjak 11 tahun ia telah bergabung dengan Akademi Milton Keynes Dons. Dan lima tahun kemudian ia langsung mendapatkan tempat di tim utama Milton Keynes Dons. Tercatat dari 62 kali penampilannya, ia berhasil membuat 18 gol.

Dele Alli Wonderkid Yang Gagal Bersinar

Dimusim 2015 Tottenham yang kepincut dengan kemampuannya dalam mengambil keputusan didalam lapangan, langsung mendatangkannya dengan durasi kontrak 5 musim. Mejalankan debutnya di bulan pertama ia langsung di anugerahi sebagai Pemain Muda Terbaik PFA. Dan ia juga masuk kedalam pemain muda terbaik menurut La Gazzetta dello Sport.

Bersama Totenham ia berhasil mengukir sejarah klub dengan membawa Spurs ke Final UCL di musim 2018-2019. Tercatat juga ketika memberla Spurs ia menciptakan 15 gol dari 181 penampilannya. Pada saat itu ia di gadang gadang akan menjadi salah satu pemain terbaik dunia. Namun ekspektasi publik tidak bisa ia buktikan, performanya menurun drastis. Dimana dia sudah kehilangan kepercayaan untuk bermain di tim utama Spurs.

Ditahun 2022 ia memutuskan untuk hijrah ke Everton yang pada saat itu di asuh legend Inggris, Frank Lampard. Dele pun belum bisa menunjukan penampilan terbaiknya. Hanya 13 kali penampilan yang ia catatkan dalam semusim dan tanpa mencetak gol.

Dimusim 2023 ini ia bermain untuk klub Turkey yaitu Besiktas. Bersama Besiktas dengan status dalam peminjaman dari Everton.

You May Also Like